Kota Sangatta


Kota kecil yang penuh kenangan. Itulah hal pertama yang teringat dalam kepala saya, dimana disana saya tumbuh besar dan memiliki banyak teman. Sangatta adalah kota yang masuk dalam kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Kota ini kami juluki sebagai kota debu, mengapa kami juluki “kota debu” karena disana adalah salah satu lokasi pertambangan terbesar di Indonesia yang menghasilkan material berupa batu bara. Dari hasil pertambangan itu lah banyak muncul material lain selain batu bara yaitu debu.

Tambang Batu Bara 

Alat Berat milik PT. KPC

Sangatta merupakan kota dengan lokasi pertambangan batu bara terbesar di Indonesia yang dikelola oleh PT. Kaltim Prima Coal (KPC) yang didirikan oleh Grup Bakrie. Batu bara yang dihasilkan merupakan batu bara dengan kualitas prima. Perusahaan ini adalah perusahaan terbesar di Sangatta dan menjadi primadona disana. Banyak orang berlomba agar dapat bekerja disana.

Gadis Sangatta 

Meskipun Sangatta kami juluki sebagi kota debu namun bukan berarti penduduk kota Sangata juga pada berdebu mukanya, hiiyyaaaa!! Kota Sangatta adalah salah satu penghasil pemuda-pemuda tampan dan wanita yang tidak kalah cakep dengan yang ada di wilayah ibu kota hhiyyaa!!! Sudah terbukti seperti saya ini yang sangat biasa aja.

Kami menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari hanya saja jika berbicara dengan orang tua biasanya kami akan menggunakan bahasa daerah tergantung dari suku mana orang itu berasal. Ada banyak suku yang mendiami kota Sangatta oleh karna itu bahasa sehari-hari kami adalah bahasa Indonesia yang bercampur dengan logat suku bugis, Sulawesi, jawa, kutai, banjar, dan dayak. Jadi bisa dibilang kami tidak memiliki bahasa daerah yang mewakili kota Sangatta.

Kota Sangatta memiliki dua tugu yang menjadi ciri khas yang pertama yaitu tugu patung singa dan prajurit keraton kutai, yang ke dua adalah tugu patung burung enggang. Ada satu lagi bangunan yang menjadi ciri khas kota Sangatta yaitu Masjid Agung Sangatta dimana masjid ini tidak kalah besar dengan masjid Islamic Center Samarinda hiiya!!

Patung Singa & Prajurit Keraton Kutai
Patung Burung Enggang


















Masjid Agung Sangatta 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Uasaha Universitas Muhammadiyah Malang

Keunggulan Teknik Mesin UMM