Perkembangan Teknolgi dan Informasi






Penjelasan Perkembangan Internet, Smartphone dan Sosial Media di era sekarang, teknologi sangat erat kaitannya dengan Internet. Perkembangan internet itu sangat mempengaruhi kehidupan sosial serta cara berkomunikasi seseorang Perkembangan yang terjadi terhadap telepon genggam juga semakin mempermudah komunikasi melalui sosial media maupun internet. Hanya dari sebuah handphone kita bisa mendapatkan begitu banyak informasi secara singkat.

Perkembangan teknologi pada masa kini yang terus berkembang, sehingga membuat Internet serta banyak sosial media juga semakin berkembang. Walaupun belum ke seluruh bagian Indonesia, namun hal-hal berbau kemajuan teknologi tersebut telah tersebar ke hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kemajuan teknologi dalam berkomunikasi massa ini telah membawa banyak dampak serta perubahan dalam masyarakat.

Dampak Perkembangan Teknologi:
Sisi positifnya adalah masyarakat yang menjadi pengguna aktif teknologi, situs-situs, serta media komunikasi sosial, mereka dapat menyampaikan informasi dan juga mendapatkan informasi secara lebih mudah. Bila dilihat dari sisi negatifnya, kemajuan teknologi ini membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. Orang lebih memilih berinteraksi melalui smartphone ketimbang berkomunikasi dengan orang disekitarnya.

Saat orang sudah terlalu sibuk dengan telepon atau PC miliknya, lalu mereka menghabiskan waktu yang cukup lama untuk berinteraksi di dunia maya, mereka tidak sadar bahwa saat itu mereka sedang membuang waktunya untuk berinteraksi dengan hidup sebenarnya yang berada disekitar mereka. Menteri Republik Indonesia tersebut menyatakan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara yang masyarakatnya terbanyak mengakses Internet di dunia. Selain itu, ada juga sebuah lembaga riset menyebutkan bahwa Indonesia merupakan peringkat ke lima dalam daftar pengguna smartphone terbesar di seluruh dunia. Di dalam data tersebut juga disebutkan bahwa Indonesia menduduki posisi 5 besar dengan pengguna aktif internet yakni sebanyak 47 juta atau sekitar 14% dari seluruh total pengguna ponsel.

Selain itu dampak negatifnya adalah perkembangan mereka dalam hal bersosialisasi menjadi sangat lamban. Karena mereka terlalu fokus dengan gadget tersebut.  Kesimpulan yang perlu kita perhatikan adalah semua orang khususnya masyarakat Indonesia harus benar-benar cerdas utnuk memilah mana sisi positif dan negatifnya agar perkembangan teknologi yang terjadi serta bagaimana komunikasi itu selayaknya dilakukan, dijalankan dengan benar dan seimbang. Dengan mengikuti Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi (PATI), saya banyak terbantu, saya jadi lebih banyak tahu tentang bagaimana cara menggunakan internet, seperti membuat email, blog.
Di PATI, diajarkan materi-materi tentang :

Internet,Browsing,Layanan teknologi informasi di UMM,Email,Blog,E-Learning,Layanan informasi secara umum, dll .Selain materi-materi di atas, juga akan diberikan tugas berupa Evaluasi-evaluasi dari apa yang telah diberikan saat pembelajaran materi oleh pembimbing/instruktur, yang dikerjakan secara online.

Tips-trik atau tutorial diantaranya adalah :

Pahami dengan baik tugas-tugas yang diberikan oleh pembimbing/instruktur PATI. Sebisa mungkin kerjakan tugas bersama teman terlebih lagi kalo temen kamu jago dibidang ini, jangan mengerjakannya sendiri ribet soalnya apalagi kalo ngbleng pas inget si dia hhiyaa!! hiyaa!!, supaya lebih mudah dan cepat dalam mengerjakan tugas yang terbatas waktunya. Bekerja samalah dengan baik dan adil bersama teman, agar tidak ada yang diuntung-rugikan dalam mendapatkan nilai. Jangan kayak gini nih!


Jangan menunda mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh pembimbing/instruktur PATI apabila saat mengerjakan evaluasi jaringan tiba-tiba error dan tidak bisa dilanjutkan segera hubungi kakak-kakak pembimbing/instruktur dari masing-masing kelas .

Ingat kata kuncinya adalah pinter bergaul dan bodo amat, sebisa mungkin cari teman apa lagi kalo temannya jago beeh udah pasti dapat bagus dah tuh nilai PATI nya. tapi tetap berlaku adil jangan kayak gambar diatas, wokeyla.com!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kota Sangatta

Uasaha Universitas Muhammadiyah Malang

Keunggulan Teknik Mesin UMM